Jun 2, 2012


Info tentang bahasa udah, wisata udah, kuliner juga udah. . . . Mmmm. . . . apalagi yach. . . . . . tenang aja sobat webiner yang udah setia banget stay in my blog, karena yang 1 ini semuanya udah tau. Jadi sobat ngga perlu tanya ke sana kemari karna denger satu kata dari namanya aja sobat udah tau semua. Coba tebak siapa hayo. . . .? KLUnya tentang sejarah, lebih spesifik lagi nama salah satu pahlawan kemerdekaan, jangan pada nebak nama ku yach. . .hehehehe. . .
Nah . . . tuh mantap banget jawabannya . . .  tentang JENDRAL SOEDIRMAN.
Ya iyalah kan judulnya emang itu jadi bener ngejawabnya. . hahaha. .
Dari pada adu jawaban mana yang bener, mending kita langsung aja yuk nyimak yang satu ini.
Gedung Monumen Jendral Soedirman
Monumen Panglima Besar Jenderal Soedirman berada di pintu masuk kota Purwokerto dari arah barat tepatnya di sebelah timur Sungai Logawa, lebih tepatnya lagi di Jalan Dr. Soeparno No.24 Purwokerto. Monumen ini terdiri dari dua lantai. Pada lantai bawah berisi foto-foto perjuangan Panglima Besar yang berasal dari Cilacap (tetangga Banyumas) ini dalam merebut Yogyakarta kembali sebagai ibukota Indonesia (pada saat itu) dari kolonial Belanda. Sedangkan pada lantai dua berisi relief sejarah bangsa Indonesia dalam Perang Kemerdekaan 1945 dan Patung Jenderal Soedirman sedang duduk di atas punggung kuda yang terbuat dari perunggu seberat 5,5 ton dengan tinggi 4,5 meter. Waww. . .gagah banget yaa. . Subhanalloh… :)
Selain sebagai sarana wisata pendidikan dan sejarah, bagi sobat penggemar burung berkicau bisa juga nih nyalurin hobi ngikut lomba burung berkicau atau sekedar nyaksiin keseruannya aja. Lomba burung berkicau ini udah jadi agenda rutin di Monumen Panglima Besar Jenderal Soedirman yang digelar setiap bulan pada minggu keempat.
Oke banget kan sob . . . . di daerah ku juga rasa Nasionalis-nya tinggi banget loh, buktinya banyak banget monumen-monumen pahlawan yang didirikan di daerahku, kapan-kapan aku ceritain lagi yach. . . .  Kalo sobat lewat jalan Purwokerto, khususnya di pintu masuk Purwokerto yang dari arah barat jangan lupa tengok kanan ya, kali aja aku pas lagi di situ… mau minta tumpangan… hehehe…. maksudnya biar kita bisa belajar bareng lagi tentang cerita dan keistimewaan Banyumas. Oke sob. . .
Reaksi:
Posted by Nasyiatun Niswah On 7:52 PM 2 comments

2 comments:

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Labels