May 28, 2012


Benerkan… nggak akan ada bosannya deh wisata ke Banyumas, dan buat sobat semua nggak bakal rugi kalau sobat sekalian mau tau semua tentang Banyumas.
Oh iya sobat… minggu-minggu yang lalu udah banyak banget kan membantu menambah wawasan kalian terutama tentang Banyumas… daerah gue tuh… hehehe..
            Seperti janji ku sob, aku akan terus ceritakan tentang Banyumas, baik itu tradisi, kuliner, wisata, pokoknya semmuuaa deh… bahkan kalau perlu aku kasih tau semua tentang aku…. Ihiiirrrrrrr…. :)
            Baiklah, kalau gitu aku kasih tau satu lagi tentang wisata di kabupaten ku. Dan wisata kali ini bener-bener sob bisa nenangin ati kita, nggak kalah deh sama tempat lain, mau tau??????? Ini dia. . . . .
pintu gerbang Masjid Saka Tunggal
MASJID SAKA TUNGGAL, lengkapnya Masjid Saka Tunggal Baitussalam. Masjid ini terletak di Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas. Masjid Saka Tunggal menjadi unik karena berbeda dengan masjid lainnya, yaitu hanya ada 1 tiang di bagian tengah masjid… Kok nggak roboh yaaaaa???!#
Saka Tunggal atau satu tiang
Nama masjid tersebut berasal dari bahasa Jawa yaitu teridiri dari dua kata “Saka” dan “Tunggal”.  Saka berarti tiang dan Tunggal berarti satu. Tiang ini dikelilingi oleh kaca, sehingga sobat tidak bisa menyentuh langsung kayu yang menjadi bahan tiang, tapi tenang aja kaca ini transparan kok, jadi sobat bisa tetap melihat berbagai corak ukiran kayu yang mengelilingi tiang, dan juga beberapa informasi penting terkait masjid.
Salah satu informasi penting di tiang tersebut adalah tentang tahun pendirian masjid, yaitu pada tahun 1288 M. Jika tahun tersebut memang benar, maka Masjid Saka Tunggal bisa dikatakan sebagai salah satu masjid tertua di Indonesia. Waww… Lebih tua dari kakek buyut kita yah…
Sebelum memasuki kawasan masjid, di tengah-tengah jalan sobat disambut oleh kawanan monyet-monyet kecil yang berkeliaran meminta makanan dan minuman. Karena itulah, di pintu masuk, disediakan kacang yang bisa dibeli sobat buat ngasih makan monyet-monyet tersebut. Hitung-hitung sedekah sama monyet… tambah nilai ibadah kan…
Di masjid ini terdapat beberapa ruang. Halaman masjid cukup luas untuk menampung beberapa kendaraan. Di depan halaman masjid, terdapat ruang wudhu dan kamar mandi yang terlihat cukup modern. Ruang Imam dan mimbar untuk khutbah menempati ruangan tersendiri, dan ditutup kain, nggak tau karena apa mungkin untuk menjaga agar tidak berdebu.
Saat memasuki ruang utama masjid begitu terasa sejuk karena memang bangunannya terdiri dari banyak kayu yang memenuhi dinding-dindingnya dengan ventilasi yang memadai. Bedug masjid ada di bagian samping, sehingga saat bedug itu ditabuh pada saat waktu sholat tiba, terdengar kuat. Sholat dan beribadah di masjid ini, terasa suasana mistik-spiritual yang sangat kental.
Masjid Saka Tunggal
            Alhamdulillah yah……… :)
Seneng deh ngeliat wisata religius ke Masjid Saka Tunggal… pada keliatan bersinar-sinar tuh face-nya.. “ya iyalah…. apa sih yang nggak bikin orang-orang tenang kalau wisata ke Banyumas….” :) pisssssssss……….
            Ada satu kebaikan yang sobat pancarkan setelah tau tentang Masjid Saka Tunggal, dan ada satu poin bertambah pula buatku dengan kunjungan kalian ke blog ini……… hehehe……
Trimakasih……..
Posted by Nasyiatun Niswah On 5:52 PM No comments

0 komentar:

Post a Comment

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Labels