Mar 7, 2012


Getuk Goreng Sokaraja, Banyumas
Setelah asik berwisata di Banyumas, kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan khas Banyumas. Ini salah satu makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh, karena bentuknya unik, rasanya enak, manis, bentuknya imut, dan tahan lama. Jadi jangan khawatir yang rumahnya jauh membawa pulang oleh-oleh GETUK GORENG ini tidak akan basi, dan yang jelas makanan unik ini DIJAMIN HALAL... :)
            Getuk Goreng sangat terkenal di kabupaten Banyumas dan bahkan nasional. Di sepanjang jalan raya Sokaraja Purwokerto Banyumas berderet toko yang khusus menjual getuk goreng. Pada mulanya getuk goreng hanya memiliki satu varian rasa yaitu original. Namun seiring perkembangan jaman, getuk goreng sekarang memiliki berbagai varian rasa yang menarik. Rasa apa aja yaa...
Aku      : “Afikaa...”
Afika    : “iya..”
Aku      : “Ada yang baru nih”
Afika    : “Apaa”
Aku      : “Ada getuk goreng Banyumas rasa durian dan madu, mau coba??”
Afika    : “mmm...”
Aku      : “inih.....”
Ketika digigit, getuk goreng ini emmmmpuknyaaaa......seperti donat, dan rasanya memang ennak, manisnya mempunyai karakter yang khas... 
Toko / pusat oleh-oleh getuk goreng Sokaraja
            Getuk goreng yang sangat terkenal kualitasnya adalah Getuk Goreng "ASLI" H. Thohorin Bapak Sanpirngad. Getuk Goreng ini sudah ada sejak tahun 1918. Getuk Goreng ini mempunyai banyak cabang yang tersebar di wilayah Banyumas. Pusatnya berada di sepanjang Jl. Jenderal Sudirman Sokaraja, Banyumas. Meski banyak yang meniru, namun getuk goreng ini tidak kekurangan pelanggan, karena rasanya memang mempunyai keunikan tersendiri dibanding getuk goreng merk lain. (harusnya dapet upah promosi nih, “berharap”... ^.^)
Yang menjadi ciri di toko tersebut adalah setelah pengunjung masuk, kemudian oleh penjaga toko dipersilahkan mencicipi getuk goreng yang ada di stoples (Lumayan tuh gratisan..... hehe...). Harganya pun murah, hanya Rp. 19.000,- per kilogramnya (sesuai kantong anak kost-an ya... :)). Tak heran jika Getuk Goreng menjadi andalan oleh-oleh khas Banyumas.
Pithi / kemasan Getuk Goreng

              Jika temen-temen ingin mencoba membuat getuk goreng sendiri di rumah, ini caranya:
Singkong dicuci dan dikukus sampai matang, singkong yang digunakan adalah singkong yang gembur yaitu jika dimasak akan menjadi mekar, setelah matang lalu pindahkan ke tempat penumbukan untuk ditumbuk halus dengan dicampur gula jawa, parutan kelapa, garam, dan vanili sampai merata. Setelah itu dibentuk kecil – kecil lalu dicelupkan ke dalam adonan beras atau terigu yang telah ditambahkan sedikit garam, lalu digoreng dengan minyak kelapa. Getuk yang sudah jadi akan dibungkus di dalam pithi yaitu kemasan yang terbuat dari anyaman bambu.

Mudah kan???!!!
Nah, buat temen-temen yang seneng masak boleh tuh dicoba sendiri di rumah, tapi kalo yang nggak mau repot, dan nggak pengen jauh-jauh ke Banyumas hanya sekedar pengen nyicipin makanan unik ini, bisa deh pesen sama aku.... :) beserta ongkosnya ya..... :)
Posted by Nasyiatun Niswah On 8:09 PM No comments

0 komentar:

Post a Comment

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Labels