Jun 2, 2012


Ngomong-ngomong sobat pasti suka sama yang namanya music klasik kan, karena bikin kita tenang kalo didengerin, kalo aku denger musik itu rasanya kaya lagi terbang ke langit ke tujuh,.. membelah angkasa….. memasuki era tahun 1630an, hehehehe. . . padahal era 40an aja aku ga tau . .
            Di Banyumas juga ada loh sob kesenian music klasik yang ga rapuh termakan oleh waktu, sampe skarang permainan dan instrument musiknya masih asli masih utuh dah pokoknya, orang-orang banyumas menyebutnya dengan nama GENDHINGAN., kesenian ini udah tua banget loh keberadaanya sampe-sampe aku nggak bisa ngitung, hehehe. . .
            Kalo mau tau lebih lanjut tentang kesenian ini bisa langsung ke tempat aku sob, Banyumas tentunya., nah buat sobat yang nan jauh di sana, yang belum sempet ke daerah ku nggak boleh pesimis karena semua serba-serbi Banyumas ada di sini, kayak kesenian yang satu ini yaitu GENDHINGAN.
Gendingan khas lagu-lagu Banyumas sangat mewarnai berbagai kesenian tradisional Banyumasan, bahkan dapat dikatakan menjadi ciri utamanya, apalagi dengan berbagai hasil kreasi barunya yang mampu menampilkan irama Banyumasan serta dialek Banyumasan. Ciri-ciri khas lainnya antara lain mengandung parikan yaitu semacam pantun berisi sindiran jenaka, iramanya yang lebih dinamis dibanding irama Yogya-Solo bahkan lebih mendekati irama Sunda. Wah… nggak hanya orang Betawi aja ya yang suka main pantun kayak yang ditayangin di tivi-tivi, ternyata masyarakat Banyumas juga. Makin berkembang deh wawasan kebudayaan kita sob.
Peralatan Gendhingan
Adapun isi syair lagu gendhing pada umumnya mengandung nasihat, humor yang menggambarkan keadaan daerah Banyumas serta berisi kritik-kritik sosial kemasyarakatan. Alat yang digunakan untuk memainkan lagu-lagu gendhing Banyumasan bisa berupa gamelan biasa ataupun gamelan calung bambu. Pokoknya kalau denger langsung, asyik deh sob…
            Waduh . . . . . kok pada ikut joged sih sob, hehehehe. . . .
Gimana, beneran asyik banget kan musiknya. . . aku aja sampe ikutan jogged nih. . . :D
            Ayo. . . . . terusin jogednya. .  ajak teman sebanyak-banyaknya biar makin meriah. . .
Posted by Nasyiatun Niswah On 7:50 PM No comments

0 komentar:

Post a Comment

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Labels