May 28, 2012


Ketemu lagi ni sama sobat ngapak. . . trimakasih yaa kalian setia banget nemenin aku di sini (PEDE BEUD) . .heheheh. . ngomong-ngomong kayaknya ada yang lagi laper ni. . tuh suara hatinya sampe sini. . . . maksudnya suara hati q yang kdengeran lagi lapar :( sobat smua ada yang laper juga nggak. . .?? yuk temenin q makan di Banyumas, enak banget loh sob. . . coba tebak apa menu andalan kota ku???. . . . . . ada yang tau ga nui. . .
Yapp… bener banget SROTO, kok sobat udah tau duluan. . . . pastinya dong Banyumas kan udah mendunia gitu loh. . . ya kan sobat. . Dari pada kita lama-lama disini mending langsung aja yuk sob aku ajak kalian semua menjelajah aneka kuliner di Banyumas, terutama sroto satu ini yang nggak boleh sobat lewatkan untuk mencicipinya. . udah nggak sabar kan. . . . . ini dia. . .
Nikmatnyyyaaa...... SROTO Banyumas
Satu lagi makanan berkuah yang berasal dari Banyumas, SROTO. Nama ‘Sroto’ ini bagaikan pelesetan lain lagi; sebenarnya ini adalah varian lain dari makanan yang sama yaitu SOTO. Entah mengapa sampai huruf ‘R’ bisa terselip di sana. 
Pada hakikatnya jenis makanan yang dinamakan soto, sayur bening, sayur lodeh, sayur asem, bakso, bisa dimasukkan dalam kategori jenis makanan sup-supan. Di Negeri kita sendiri dikenal makanan soto dengan berbagai ragam variasinya. Ada soto Makasar yang disebut coto, ada soto mie Betawi, soto Semarang, soto Lamongan, soto Banjar, soto Kudus, soto sulung, dan ada lagi, SOTO BANYUMAS yang dikenal dengan nama SROTO.

Warung Sroto Banyumas di Yogyakarta
Ternyata Sroto Banyumas tidak hanya ada di Banyumas, Purwokerto, Purbalingga, dan sekitarnya. Kita juga bisa menikmatinya di dekat sini sob, tepatnya di Warung Sroto Banyumas “Mboke Inyong” yang beralamat di Jalan Raya Wates, Dusun Taunan, Ambarketawang, Gamping, Sleman. Warung ini dikelola oleh suami istri asli dari Purwokerto, Ibu Wari (56 tahun) dan suaminya, Untung Sunaryo (60 tahun).

Sroto Banyumas agak berbeda dengan soto-soto pada umumnya. 1 porsi Sroto Banyumas terdiri dari potongan ketupat, suwiran daging ayam atau bisa juga daging sapi, bihun, krupuk warna-warni, tauge, bawang merah goreng, irisan muncang, kuah kaldu ayam kampung, dan sambal kacang yang dihaluskan. Dari semua itu, irisan ketupat, krupuk warna-warni, dan sambel kacang yang tidak dapat ditemukan pada hidangan jenis soto di luar Banyumas.

Sambal kacang dalam Sroto Banyumas tidak diletakkan tersendiri atau di pinggir mangkuk melainkan langsung dicampur menyatu dengan kuahnya. Dengan demikian kuah Sroto Banyumas kelihatan agak kental dan berwarna cokelat muda. Kuah yang demikian ini memberikan citarasa yang berbeda dibandingkan dengan jenis-jenis soto lainnya. Rasa gurih kacang yang dihaluskan dan berpadu dengan kuah dari kaldu ayam kampung terasa lembut di ujung lidah.
Pelengkap lain yang memang sudah menjadi pasangan serasi sroto Banyumas adalah mendoan. Mendoan Banyumas juga jarang ditemui di Jogjakarta, tapi di warung makan ini kita bisa menikmatinya.
1 porsi sroto+pelengkapnya
Oh iya sobat, harga Sroto Banyumas cukup murah lho, terjangakau buat anak-anak kos-an kayak kita ini. Harga 1 porsi sroto sekitar Rp 6.000,-, kemudian untuk mendoan Rp 1.000,- per potong. Udah hemat… nikmat lagi…

Ham . . . . mantap buanget kan sob sotonya. . . bener-bener deh ini sroto terenak yang pernh aku coba. Wah . . . . sobat pasti pengen banget nyoba yach. . . buruan ke sini mumpung aku lagi nunggu ini warung. . heheheheh. . maksudnya lagi nunggu dibungkusin buat oleh-oleh keluarga, soalnya rugi banget kalo nggak bawa ini buat keluarga.
Yuk. . . makan. . . .!
Posted by Nasyiatun Niswah On 10:58 PM No comments

0 komentar:

Post a Comment

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Labels