Mar 30, 2012


Kripik tempe - Purwokerto, Banyumas
Kalo sobat pernah jalan jalan ke kota Purwokerto tentu tidak akan asing lagi dengan jajan alias oleh-oleh KRIPIK TEMPE, karena di sini pusatnya sob . .
Terlalu samar kalo aku ngga nyebutin Purwokerto itu mana, ibu kota Banyumas. .  Lagi-lagi aku ngga bosen-bosennya mengupas Serba Serbi Banyumas.
Kota kripik tempe ini bukan hanya nenek moyang kita yang tau, kalo sobat tanya sama personil Band Supernova, “asalnya dari mana mas??” pasti mereka menjawab dengan kompak “dari kota kripik tempe”. . . . hehehe. . .  mantap kan. . begitu tenarnya Purwokerto dengan sebutan tersebut.
Tapi di sini aku ngga bahas kotanya sob, tapi akan mengupas habis tentang kripik tempenya. Kalian  penasaran??? ayo jalan-jalan ke kota Purwokerto. . . Eittss. . . tapi ngga ada ruginya baca dulu postinganku ini…
Kripik tempe adalah bentuk olahan lain dari kacang kedelai. Di Banyumas memang tempatnya, selain dibuat olahan tempe mendoan juga dibuat kripik tempe. Tempe mendoan adalah tempe yang digoreng setengah matang dan agak tebal, sedangkan kripik tempe adalah tempe yang diiris sangat tipis kemudian digoreng kering, sehingga kalau digigit terdengar bunyi “kriukk-kriukk”. Dan kripik tempe ini tentu aja tahan lama, jadi jangan khawatir.

Irisan tipis tempe
Langkah awal untuk membuat kripik tempe tentu saja memilih kedelai yang bagus, sehingga ketika divermentasi untuk menjadi tempe tidak terasa pahit. Selain itu, kedelai yang bagus juga memudahkan ketika mengiris tipis-tipis.

Setelah diiris tipis, kemudian dicelupkan ke dalam adonan tepung encer yang telah dicampur dengan bumbu rahasia. Bumbu rahasia seperti apa itu????? Berkunjung langsung aja ya ke kota Purwokerto biar langsung bertanya sama pedagangnya.. hehe…

Proses menggoreng kripik tempe
Langkah selanjutnya yaitu menggorengnya ke dalam minyak yang telah panas. Setelah warna berubah kecoklatan lalu angkat dan tiriskan sehingga terpisahlah minyak dengan kripik tersebut. Sobat pasti udah pengen nyicipin ya……???? Tunggu dulu sebentar, paling ngga sampe 2 menit, biar lidah kita ketika mencicipi kripik tersebut tidak sakit kepanasan.



Selamat menikmati………



Posted by Nasyiatun Niswah On 8:35 PM 2 comments

2 comments:

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Labels