Mar 30, 2012

Buat sobat ngapak tentu udah ngga asing lagi dengan istilah JENANG JAKET. . .  itu lho. . makanan khas Banyumas yang terbuat dari tepung beras ketan, santan, gula, dan lain lain. Pokoknya ennnnak banget…..
Nah . . . . buat sobat yang sama sekali belum tau tentang jenang jaket, kaya sobat yang bukan asli Banyumas atau bahkan sobat yang sama sekali belum pernah dengar istilah jenang, jangan khawatir karena di sini akan aku kupas tuntas tentang jenang jaket.
Oke sob, langsung aja,.. monggoh disimak . . . .
Proses Pembuatan Jenang Jaket
Istilah jaket merupakan singkatan dari jenang asli ketan. Ketan yang dipakai untuk jenang jaket adalah ketan hitam dan sama sekali tidak dicampur dengan beras biasa. Sedangkan untuk bahan pemanisnya adalah gula jawa. Tak heran jika jenang jaket memiliki rasa yang khas. Selain empuk dan rasa manisnya yang pas, jenang ini berorama wangi manggar atau kembang kelapa karena gula jawa tersebut yang terbuat dari deresan kelapa.
            Seiring berkembangnya zaman, serta permintaan pelanggan yang bervariasi, kini jenang jaket tersedia dalam tiga macam rasa yaitu natural atau rasa asli jenang jaket, dan ada pula yang dicampur dengan wijen atau juga durian. Sehingga rasa gurih pun berpadu dengan manisnya jenang.
Kemasan Jenang Jaket
Jenang jaket banyak ditemui di Kelurahan Mersi yang berada di Kecamatan Purwokerto Timur. Atau juga di Kampung Monggang Sari, Desa Pandansari, Kecamatan Ajibarang, Banyumas. Harga satu dus berisi 10 potong jenang dengan wijen Rp 8.000,- sedangkan untuk rasa natural hanya Rp 7.000,- cocok untuk oleh-oleh kan….. murah meriah….. kalo yang ingin membeli untuk kebutuhan dalam jumlah banyak misalnya seserahan pernikahan, jenang ini dapat dibeli per kilogramnya dengan harga Rp 22.000,-
Konon katanya, jenang  jaket asli Banyumas ini banyak diburu bukan hanya di pasar domestik, namun juga oleh Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri. Yaa, mungkin untuk sedikit mengobati kerinduan mereka terhadap kampung halaman tercinta… :)
Jenang Jaket asli Banyumas
Gimana nih sobat... terasa banget kan nikmatnya jenang jaket asli Banyumas yang cocok untuk segala macam suasana. Mungkin itu aja dulu pembahasan tentang jenang jaket, buat sobat yang mau pesen jangan SMS aku ya. . . hehehehehe. . . . . .datang langsung aja ke kota ku tercinta Banyumas Satria… :)
 
trimakasih . . .
Posted by Nasyiatun Niswah On 8:02 PM No comments

0 komentar:

Post a Comment

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Labels